Lokakarya Penulisan Buku Cerita Anak dalam Bahasa Minangkabau

Lokakarya Penulisan Buku Cerita Anak
Padang Panjang, 17-18 September 2019
RK DKV I ISI Padang Panjang

Lokakarya ini terselenggara atas kerja sama Let’s Read, the Asia Foundation, Yayasan Litara, dan Institut Seni Indonesia – Padang Panjang.


Let’s Read adalah perpustakaan digital gratis keluaran the Asia Foundation yang bertujuan menyediakan buku bacaan berkualitas untuk anak-anak Asia, termasuk Indonesia. Perpustakaan digital Let’s Read memiliki koleksi ratusan judul cerita anak bergambar dari berbagai negara Asia dalam berbagai bahasa. Sebagiannya sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Let’s Read juga memuat karya asli Indonesia yang dikembangkan melalui lokakarya penulisan yang diselenggarakan atas kerja sama the Asia Foundation dan Yayasan Litara.


Yayasan Litara adalah sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang literasi anak. Melalui berbagai kegiatan antara lain pelatihan penulis/illustrator, guru, dan orangtua; produksi dan donasi buku anak; pendirian taman bacaan masyarakat, dan lainnya, Litara berupaya memudahkan akses anak Indonesia terhadap buku bacaan berkualitas serta meningkatkan kecintaan akan membaca.


Lokakarya pembuatan buku ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan ilustrator dan penulis dalam menulis dan mengilustrasikan cerita anak, khususnya dalam bahasa daerah, dalam hal ini Minangkabau. Peserta akan mendapatkan materi tentang penulisan buku anak yang baik, ilustrasi buku anak. Selama Lokakarya, editor Litara akan memberikan umpan balik untuk meningkatkan kualitas naskah peserta. Setelah Lokakarya, akan dipilih 10 naskah yang akan dikembangkan lebih lanjut dengan pendampingan dari tim Litara. Sepuluh naskah ini selanjutnya akan dimuat di Let’s Read (https://reader.letsreadasia.org/).


SYARAT DAN KETENTUAN

Syarat peserta:
– Penulis/ilustrator dengan ide tulisan menarik
– Warga Indonesia, bisa berbahasa Minangkabau
– Tinggal di Padang Panjang atau sekitarnya, atau
– Berada dan meluangkan waktu di Padang Panjang pada tanggal 17-18 September 2019
– Diutamakan yang bisa menggambar/mengilustrasi (sertakan contoh gambar/ilustrasi di IG atau medsos lainnya)
– Melakukan pendaftaran melalui link berikut: bit.ly/LitaraMinang


Ketentuan:
– Lokakarya diberikan gratis
– Panitia tidak menanggung akomodasi dan transportasi peserta selama Lokakarya

Batas Akhir Pendaftaran:
25 Agustus 2019

Pengumuman Hasil Seleksi:
3 September 2019
di Instagram dan Fanpage Litara, serta lewat ISI Padang Panjang

Kegiatan ini terlaksana atas kerja sama:
Yayasan Litara
Let’s Read!
The Asia Foundation
Institut Seni Indonesia – Padang Panjang

Quick Contact ^
We want to thank you for contacting us through our website and let you know we have received your information. A member of our team will be promptly respond back to you.